AutoDesk Inventor (Sumber : http://materi-pemesinan.blogspot.co.id/2015/12/belajar-autodesk-inventor-2013.html)
Belajar desain dengan menggunakan komputer memang tidak habisnya khususnya di jurusan teknik mesin dari belajar AutoCAD, Inventor, Solid Work, Catia, dkk buatan Autodesk. Untuk kamu yang masih belajar di bangku SMK biasanya yang diajarkan adalah software AutoCAD dan Inventor dan MasterCAM untuk pembuatan program CNC nya...disini admin cuman memposting belajar inventor untuk pemula aja ...lanjutannya nanti admin akan upload lagi ...heheh
Pengertian
Autodesk Inventor Professional 2013 merupakan program yang dirancang khusus untuk keperluan bidang teknik seperti desain produk, desain mesin, desain mold, desain konstruksi, atau keperluan teknik lainnya. Program ini merupakan rangkaian program penyempurnaan dari Autodesk Autocad dan Autodesk Mechanical Desktop. Lebih lanjut, program ini sangat cocok bagi pengguna Autodesk Autocad yang ingin meningkatkan kemampuannya karena memiliki konsep hampir sama dalam menggambar 3D. Autodesk Inventor 2013 adalah program pemodelan solid berbasis fitur parametrik, artinya semua objek dan hubungan antargeometri dapat dimodifikasi kembali meski geometrinya sudah jadi tanpa perlu mengulang lagi dari awal. Hal ini sangat memudahkan kita ketika sedang dalam proses desain suatu produk atau rancangan. Untuk membuat suatu model 3D yang solid ataupun surface, kita harus membuat sketch-nya terlebih dahulu atau mengimpor gambar 2D dari Autodesk Autocad. Setelah gambar atau model 3D tersebut jadi, kita dapat membuat gambar kerjanya menggunakan fasilitas drawing.
Tidak hanya sampai pada menampilkan gambar kerja, Autodesk Inventor Professional 2013 juga mampu memberikan simulasi pergerakan dari produk yang kita desain serta mempunyai alat untuk menganalisis kekuatan. Alat ini cukup mudah digunakan dan dapat membantu kita untuk mengurangi kesalahan dalam membuat desain. Dengan demikian, selain biaya yang harus kita keluarkan akan berkurang, time to market dari benda yang kita desain pun dapat dipercepat karena kita sudah mensimulasikan terlebih dahulu benda yang kita desain di komputer sebelum masuk ke proses produksi.
2. Mengenal
Menu dan Toolbar Autodesk Inventor Professional 2013
Seperti halnya program lain, Autodesk Inventor Professional 2013 memiliki pula bidang kerja, yaitu Menu Bar, Inventor Standard Toolbar, Panel Bar, dan Browser Bar.
· Ruang gambar/ Bidang Kerja adalah tempat menggambar.
·
Menu
Bar berisi semua perintah yang terdapat di Autodesk Inventor 2012
·
Inventor
Standard Toolbar berisi perintah yang digunakan selama proses menggambar.
·
Panel
Bar berisi perintah khusus untuk menunjang proses yang sedang berangsung.
Misalnya, kita membuat gambar dengan template “Sheet Metal.ipt” maka pada Panel
Bar secara otomatis akan muncul perintah khusus untuk Sheet Metal.
·
Browser
Bar berisi langkah-langkah kerja. Misalnya, kita membuat objek dengan Extrude
dan Revolve, semua akan tercatat di Browser Bar untuk memudahkan kita melakukan
edit ulang. Sistem Navigasi
Pada Autodesk Inventor 2013 terdapat
tool-tool navigasi yang membantu mobilitas saat menggambar di dalam bidang
kerja. Kita dapat menemui tools tersebut seperti zoom, rotate, pan, dan lainnya
pada Inventor Standard Toolbar.
3.1.
Zoom
Fungsinya untuk memperbesar gambar pada
tampilan bidang kerja. Klik zoom lalu klik pada bidang kerja dan geser kursor
ke atas atas ke bawah. Kemudian, kliklah untuk mendapatkan tampilan yang
diinginkan. Kita dapat menggunakan zoom ketika tools lain sedang aktif.
3.2.
Pan
Fungsinya untuk menggeser tampilan bidang
kerja. Kliklah pan lalu klik pada bidang kerja. Selanjutnya, geserlah kursor
pada tempat yang dinginkan.
3.3.
View
Face
Fungsinya untuk memperbesar tampilan
dengan referensi face. Face hanya berlaku untuk permukaan datar. Kliklah view
face, lalu klik pada face yang kita pilih maka akan diperbesar.
3. 4.
Free Orbit
Fungsinya untuk memutar objek pada bidang
kerja. Kliklah free orbit, lalu klik pada bidang kerja. Selanjutnya, putar
objek sampai memperoleh tampilan yang diinginkan
3.5.
View
Cube
Fungisnya untuk memutar objek berdasarkan
arah yang telah ditentukan seperti fornt, top, left dan lain-lain. Kliklah view
cube untuk menampilkan sistem navigasi pada sudut kanan atas. Untuk memilih
arah, cukup klik salah satu sis view cube.
3.1.
Full Navigation Wheel
Fungsinya untuk melakukan kombinasi
perintah navigasi seperti zoom, orbit, pan, dan lain-lain. Kliklah full
navigation wheel sehingga akan keluar menu dan pilihlan salah satu perintah
yang akan dipakai.
Menu-menu Sketsa
1. Line
1. Line
Perintah Line pada Autodesk Inventor adalah perintah yang digunakan untuk
membuat garis dan busur. Hal ini mempermudah kita dalam pembuatan sketsa dimana
kadang-kadang setelah membuat garis harus disambung dengan busur baik yang
bersudut kurang atau lebih dari 90°. Dengan perintah ini kita tidak perlu mengganti
dengan perintah busur (Arc). Pada gambar 38 diberikan contoh aplikasi perintah Line.
bersudut kurang atau lebih dari 90°. Dengan perintah ini kita tidak perlu mengganti
dengan perintah busur (Arc). Pada gambar 38 diberikan contoh aplikasi perintah Line.
Langkah:
o Klik ikon Line (short cut = L)
o Tentukan Start Point (SP1)
o Geser kursor
o Tentukan End Point (EP1), klik, tahan kursor di-End Point (EP1) kemudian di-
drag kursor melingkar searah busur yang diinginkan (berlawanan jarum jam), klik EP2, klik dan drag lagi kursor melingkar seara jarum jam untuk membu
busur kedua, klik EP3, geser kursor ke kanan untuk membuat garis, klik EP4.
o Klik ikon Line (short cut = L)
o Tentukan Start Point (SP1)
o Geser kursor
o Tentukan End Point (EP1), klik, tahan kursor di-End Point (EP1) kemudian di-
drag kursor melingkar searah busur yang diinginkan (berlawanan jarum jam), klik EP2, klik dan drag lagi kursor melingkar seara jarum jam untuk membu
busur kedua, klik EP3, geser kursor ke kanan untuk membuat garis, klik EP4.
2. Circle
Menu Circle adalah perintah yang digunakan untuk membuat lingkaran.
Metode pembuatan lingkaran pada AIP ada dua pilihan yaitu Center Point Circle
dan Tangent Circle. Metode Center Point Circle diawali dengan memilih Center
Point (CP) yang dikendaki kemudian geser kursor klik ditempat lainnya (gambar
39) untuk menentukan besarnya lingkaran atau dengan memasukkan ukuran
lingkaran dengan nilai yang pasti.
Menu Circle adalah perintah yang digunakan untuk membuat lingkaran.
Metode pembuatan lingkaran pada AIP ada dua pilihan yaitu Center Point Circle
dan Tangent Circle. Metode Center Point Circle diawali dengan memilih Center
Point (CP) yang dikendaki kemudian geser kursor klik ditempat lainnya (gambar
39) untuk menentukan besarnya lingkaran atau dengan memasukkan ukuran
lingkaran dengan nilai yang pasti.
Ukuran lingkaran dapat dipilih dalam radius atau diameter dengan cara klik kanan
setelah menentukan SP, pilih radius atau diameter seperti pada gambar.
setelah menentukan SP, pilih radius atau diameter seperti pada gambar.
Arc
Menu Arc adalah perintah yang digunakan untuk membuat busur.
Metode pembuatan lingkaran pada AIP ada tiga pilihan yaitu Three Point Arc,
Tangent Arc dan Center Point Arc. Metode Three Point Arc diawali dengan
memilih Start Point (SP) yang dikendaki, geser kursor ditempat lainnya lalu klik
untuk menentukan EP selanjutnya geser kursor dan masukkan nilai radius busur
yang dikehendaki dan diakhiri dengan Enter, gambar 43. Jika dikehendaki ukuran
yang tidak tertentu maka setelah menentukan SP dan EP maka geser kursor
hingga ukuran busur sesuai kemudian klik.
Rectangle
Menu Rectangle adalah perintah yang digunakan untuk membuat empat
persegi panjang. Metode pembuatan Rectangle pada AIP ada dua pilihan yaitu
Two Point Rectangle, Three Point Rectangle. Metode Two Point Rectangle diawali
dengan menentukan SP kemudian geser kursor, masukkan ukuran panjang
kemudian tekan tombol Tab pada keyboard, masukkan ukuran lebar lalu tekan
tombol Tab pada keyboard. Akhiri dengan Enter. Ilustrasi dari aplikasi ini
langsung yuk latihan
1. latihan membuat gambar berikut
tutorial video, ( maih pakai 2012, namun prosesnya sama mulai dari klik line
selanjutnya silakan pelajari sendiri, sebagai bahan bahan latihan klik link di bawah ini
Menggunakan
Tombol Shortcut
Berikut
ini adalah daftar beberapa tombol shortcut beserta perintah yang sering
digunakan. Apabila kita telah terbiasa menggunakannya makan akan sangat
menghemat waktu.
Tombol
|
Hasil
|
F1
|
Menampilkan
bantuan (help) sesuai dengan perintah atau dialog box yang sedang aktif.
|
F2
|
Melakukan
pan (menggeser-geser tampilan model) dengan bantuan klik-geser dari kiri
mouse. Bisa juga dengan langsung klik-geser dari tengah mouse tanpa harus
menekan F2
|
F3
|
Melakukan
zoom-in atau zoom-out pada tampilan model dengan bantuan klik-geser dari kiri
mouse. Bisa juga dengan langsung meng-scroll mouse tanpa harus menekan F3.
|
F4
|
Melakukan
rotate pada tampilan model dengan bantuan klik-geser dari kiri mouse
|
F5
|
Kembali
ke tampilan model sebelumnya.
|
F6
|
Kembali
ke tampilan isometrik
|
]
|
Membuat
Plane baru.
|
B
|
Menambah
balloon pada drawing.
|
C
|
Menambah
constraint pada assembly atau bisa juga perintah membuat sebuah lingkaran
ketika model sketch sedang aktif
|
D
|
Menambahkan
dimensi pada sketch atau pada drawing
|
DO
|
Menambahkan
dimensi ordinat pada drawing.
|
E
|
Melakukan
extrude pada profil (hasil sketching).
|
FC
|
Menambahkan
feature control frame pada drawing.
|
H
|
Menambahkan
fitur lubang.
|
L
|
Membuat
garis (line) atau lengkungan (arc).
|
P
|
Menempatkan
(places) sebuah komponen (bisa part atau assembly) pada suatu assembly.
|
R
|
Membuat
fitur revolver.
|
S
|
Membuat
2D sketch pada sebuah permukaan datar ata bidang (plane).
|
T
|
Melakukan
tweak sebuah part dalam file persentasi.
|
X
|
Melakukan
trim saat mode sketch sedang aktif.
|
Esc
|
Membatalkan
/ menghentikan suatu perintah.
|
Del
|
Menghapus
(delete) objek yang dipilih.
|
Shift +
rotate tool
|
Otomatis
me-rotate tampilan model. Shift + klik saat mode rotate sedang aktif. Klik
lagi untuk menghentikannya.
|
Ctrl +
Enter
|
Kembali
(return) ke keadaan edit sebelumnya.
|
Ctrl + Y
|
Melakukan
redo (menarik kembali undo terakhir).
|
Ctrl + Z
|
Melakukan
undo (menarik kembali aksi terakhir).
|
Spacebar
|
Ketika
3D rotate aktif, mengaktifkan switch (pergantian) antara dynamic rotation dan
pandangan isometrik standar serta pandangan tegak lurus bidang.
|
No comments:
Post a Comment
Masukan dan Sarannya ea Guys.....